Sunday 18 October 2015

Mengenal Adobe Flash Professional CS6



Mengenal Adobe Flash Professional CS6
Azhari, 19 september 2015


Alhamdulillah akhirnya artikel tutorial Desain Kartun faforitmu dengan flash cs6, dapat saya selesaikan dengan baik, artikel tutorial ini sangat menarik Terutama untuk kalian yang punya minat besar dalam bidang animasi. Jadi saatnya kalian menjadi seorang animator  yang bias menciptakan Tokoh Kartun yang punya ciri khas Gaya Indonesia.
Demikian Artikel tutorial yang saya buat, semoga menjadi salah satu pengantar bagi kalian untuk menjadi seorang Animator Indonesia.  Sebelum kita memulai belajar Animator, saya ucapkan Terimakasih kepada orang-orang tercinta yang ada disamping saya, Terutama kepada kedua orang tua saya ibu hamdiah dan bapak mahmuddin, dan kepada kawan2 saya yang seperjuangan di komunitas AAC (Aceh Animator Community).

Mengenal Adobe Flash Professional CS6
Oke broo, Sebelum membuat Animasi Kartun , terlebih dahulu kalian harus mengetahui fitur apa saja yang ada pada Adobe flash. Hal ini penting, Supaya tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti panduan  tutorial yang nanti saya sampaikan. Untuk itu, silahkan Kalian membaca dan memahami Fitur Toolbox berikut ini:

FITUR ADOBE FLASH
Object-based Animation dapat dengan Mudah didesain dalam Flash CS6. Tweens sekarang dapat secara langsung diaplikasikan untuk object-object dari keyframe yang mana terdapat control akurat lewat individual Animation Attributes. Fitur ini semakin memudahkan kalian dalam membuat animasi tween. Dengan fasilitas ini, kalian dapat menentukan lintasan animasi tanpa harus menggunakan guide.

Motion Editor Panel
Motion Editor Panel digunakan untuk mengontrol parameter Keyframe yang meliputi Rotasi, Ukuran, skala, posisi, filter, dan kegunaan Editor Keyframe lainnya. Kegunaan dari editor Keyframe adalah untuk mengontrol kurva grafik. Pengaturan motion akan terlihat saat kalian sudah terlebih dahulu membuat suatu animasi motion. Untuk membuka Motion Panel Editor, caranya pilih menu  Window>Motion Editor.

Motion Tween Presets
Pre-built Animations dapat dipakai untuk beberapa object pada jump start project. Pilih dari berbagai pre-built yang disediakan atau membuat sendiri untuk menyimpan karyamu. Untuk membuka Motion Tween presets, caranya dengan memilih menu windows>Motion Presets.

Inverse Kinematics With the Bone Tool
Bone Tool digunakan untuk membuat chain-like effects pada sebuah object urutan seri atau distort object tunggal dengan cepat. Bone Tool dapat juga disebut animasi sendi atau animasi engsel, karena fitur Bone Tool merupakan fitur yang digunakan untuk membuat animasi tween dengan gerakan atau putaran seperti putaran engsel atau sendi pada lengan manusia. Fitur ini akan mempermudah kalian dalam membuat animasi, seperti animasi orang berjalan, animasi ayunan lengan, animasi pintu atau jendela, dan masih banyak lagi yang lainnya yang dapat dibuat dengan menggunakan fitur ini.

3D Transformation
Kalian dapat menggunakan Transformation 3D, seperti rotasi dari translasi pada sumbu x, sumbu y, dan sumbu z. tool ini hanya bekerja pada object Movie, button, grafik, dan object Text. Oleh karena itu, jika memiliki gambar 3D kalian dapat menginpornya kedalam Area Stage Adobe Flash Cs6 dan membuat animasi Transformasi 3D. perlu kalian ingat bahwa fitur ini hanya digunakan untuk Tranformasi 3D dan tidak dapat untuk membuat object 3D.

Decorative Drawing With the Deco Tool
Deco Tool digunakan untuk mengubah beberapa symbol kedalam instant Design Tool dengan Bantuan Brush atau Fill Tool, seperti effects maupun symbol-simbol. Secara sederhana, Deco Tool sama dengan Brush Fill atau fitur yang digunakan untuk mewarnai bidang. Bedanya, ketika kalian menggunakan Deco Tool, warna fill yang dihasilkan akan berupa fill dengan efek gambar.

Adobe Kuler Panel
Kuler panel merupakan portal untuk mengelompokkan tema yang dibuat para komunitas Desainer secara Online. Kalian dapat mendonwload ribuan tema pada website ini kemudian mengeditnya ke dalam projects kalian sendiri. Kalian juga dapat menggunakan kuler panel untuk membuat dan menyimpan berbagai tema kemudian membaginya dengan komunitas kuler.

Panel Overview
Panel Over View ini digunakan untuk mengubah layout area kerja. Kalian dapat memilih beberapa jenis tampilan workspace sesuai keinginan dan kebutuhanmu. Beberapa jenis tampilan workspace yang disediakan dalam Adobe Flash CS6 antara lain:

Animator
Tampilan layout ini akan membantumu untuk membuat Animasi yang Profesional.

Classic
Jika belum terbiasa menggunakan Adobe Flash CS6, lebih baik kalian menggunakan Tampilan classic karena menampilkan panel-panel utama yang sedarhana.

Debug
Layout ino menampilkan berbagai keterangan yang berhubungan dengan Action Script yang kalian Tulis. Layout ini sangat cocok bagi kalian yang sering menggunakan Script dalam pembuatan Animasi.

Designer
Layout ini menampilkan area stage yang luas dan semua panel utama tersembunyi.

Developer
Tampilan ini tidak menampilkan panel utama tapi layout yang akan memudahkan kalian jika ingin membuat sebuah project flash dan menggabungkan beberapa Animasi flash menjadi project yang Profesional.

Essentials
Layout ini hampir sama dengan layout classic. Perbedaannya hanya terletak pada penempatan panelnya saja.

Sample sounds library
Pada versi CS6 ini terdapat Library dari Sound effects yang membuat kalian semakin memudahkan dalam memasukkan suara (sound).

Adobe Media Encoder with H.264 Support
Fasilitas ini menyajikan kualitas video yang terbaik dengan control yang lebih dari pada versi yang sebelumnya. Mengubah kedalam beberapa format yang dikenali Adobe Flash Player dengan Tool yang sama dapat ditemukan dalam produk-produk Adobe video yang lain, sepeti premeire Pro dan After effects. Dengan fitur ini, kalian dapat mengonversi berbagai format video menjadi format  video yang dapat ditambahkan dalam movie flash, yaitu (*.flv). Perubahan video dapat langsung kalian lakukan, ketika menginpor file video kedalam lembar kerja flash.

Edit in Soundbooth
Para pengguna Adobe Soundbooth sekarang dapat mengedit suara yang diimpor dalam soundbooth langsung kedalam flash.

News Font Menus
Menu Font dalam Flash CS6 sekarang meliputi tiap-tiap font yang terdahulu dan tiap gaya didalam Font. Dengan fitur ini, kalian dapat melihat jenis atau contoh-contoh Font, sehingga dapat dengan mudah menentukan jenis font yang akan digunakan.

No comments:

Post a Comment