Saturday 24 October 2015

Pengertian Blender Secara Umum



   Pengertian Blender Secara Umum
Menurut Lance Flavell (2010) Blender merupakan paket aplikasi pemodelan dan animasi tiga dimensi yang memiliki berbagai fungsi yang tidak dimiliki aplikasi tiga dimensi lainnya. Blender juga semacam program yang dapat melakukan berbagai fungsi.
1.               Blender adalah aplikasi pemodelan tiga dimensi yang dapat membuat sebuah karakter untuk film.
2.               Blender memiliki sebuah alat yang kuat untuk pewarnaan permukaan model.
3.           Blender memiliki sebuah fasilitas dalam rigging dan animasi yang sangat kuat. Model tiga dimensi yang dibuat dapat dirancang untuk bergerak dan beraksi sedemikian rupa.
4.         Blender memiliki mesin rendering sendiri dan dapat dianggap layaknya studio pencahayaan yang lengkap untuk sebuah film.
5.                  Tidak seperti paket aplikasi 3D lainnya, Blender memiliki compositing module sendiri, sehingga hasil live shoot bisa langsung di masukkan dan diintegrasikan dengan model tiga dimensi. Blender juga memiliki editor pengurutan video yang unik, sehingga memungkinkan untuk memotong dan mengedit video tanpa harus bergantung pada aplikasi pihak ketiga tambahan untuk tahap editing akhir produksi.
6.             elain semua itu, Blender juga memiliki fasilitas Game Engine.
    Proses Produksi                                      
1.         Modelling
Proses ini adalah proses pembuatan model objek dalam bentuk 3D di computer.
2.         Using Images as Textures
Tekstur dasar yang telah diberikan Blender mungkin kurang memuaskan, oleh karena itu Blender menyediakan fasilitas yang dapat menutupi kekurangan tersebut, yaitu menggunakan image sebagai tekstur. Image yang dimaksud disini adalah file yang berupa gambar (.jpeg). Untuk dapat menambahkan image tersebut adalah dengan cara tambahkan material terlebih dahulu kemudian pilih tombol Texture dan pilih Image. Pada saat setelah memilih Image, maka akan keluar beberapa pilihan seperti gambar berikut ini:


3.         Lighting Types and Setting
Pada Blender, setiap membuat sebuah project baru, Blender akan memberikan secara default sebuah camera tapi tidak dengan untuk pencahayaan. Pada Blender, untuk memberikan pencahayaan bisa menggunakan Lamp. Berikut ini adalah beberapa jenis Lamp yang terdapat pada Blender :
1.                  Lamp , Lampu sederhana pada blender, cahaya menuju ke segala arah.
2.                  Area , Lampu jenis baru, digunakan untuk pencahayaan area yang luas.
3.                  Spot , Memberi cahaya pada titik tertentu.
4.                  Sun, Memberikan cahaya ke segala arah, tidak peduli ditempatkan dimana.
5.                  Hemi , Pencahayaan yang luas.
Untuk membuat sebuah Lamp, letakkan 3D cursor pada tempat yang diinginkan kemudian tekan Space bar dan pilih Lamp. Sekarang terdapat beberapa pilihan yang bisa dipilih. Berikut ini adalah tampilan untuk mengatur Lamp pada Blender :


            .
4.         Camera Setting and Option
Pada Blender, setiap project baru akan diberikan sebuah camera. Tidak menutup kemungkinan, dalam sebuah animasi dibutuhkan camera lebih dari satu. Untuk menambahkan camera dapat dilakukan dengan letakkan 3D cursor pada tempat yang diinginkan kemudian tekan tombol Space bar lalu pilih Add kemudian pilih Camera. Seperti halnya yang lain, Camera juga memiliki beberapa option setting yang dapat diubah-ubah. Berikut adalah tampilan option pada sebuah camera :

        
5.         Rendering
Rendering adalah proses akhir dari keseluruhan proses produksi. Dalam rendering, semua data-data yang sudah dimasukkan dalam proses modelling, texturing, lighting, animasi camera dengan parameter tertentu akan diterjemahkan dalam sebuah bentuk output yang berupa gambar atau video. Dalam pembuatan Tugas Akhir  ini, nantinya akan menghasilkan output berupa video.

Kunjungi juga Tentang multimedia lainnya: 

langkah-langkah modelling sofa dengan blender 3D 
MEMBUAT SOFA MENGGUNAKAN BLENDER
Pengertian Komunikasi Multimedia 
Pengertian Dan Sejarah Animasi 
Apakah Pengertian Dari Adobe Illustrator (AI) 
Pengertian Blender Secara Umum 
Mengenal Adobe Flash Professional CS6 
Kegunaan / Fungsi Dari Aplikasi / Software Adobe Illustrator  
Fungsi Numpad Blender 3D 
Belajar membuat meja dengan blender 
CARA MENGGUNAKAN BLENDER
  

No comments:

Post a Comment