Pengertian Dan Sejarah Animasi
Animasi merupakan kemajuan dari
teknologi di bidang seni dan Sains otomatisasi. Seperti, inovatif animasi
berhasil merebut hati orang dan tidak sedikit orang yang mencoba untuk belajar
tentang animasi. Bahkan, pada saat ini, salah satu animasi menjadi utama di
berbagai ilmu pendidikan, mulai dari sekolah menengah sampai tingkat perguruan
tinggi.
Istilah Animasi sendiri berasal dari
bahasa Latin yang berarti bernyawa, sarana untuk bernapas sepanjang hidupnya.
Secara umum, animasi memiliki tugas untuk menghidupkan atau memindahkan benda
mati. Animasi dalam bentuk serangkaian gambar yang benar-benar diam, tetapi
mendapat kesan gerak ketika pengguna dalam gerakan-gerakan cepat dan tetap. Tak
bernyawa diberikan dorongan, kekuatan, semangat dan emosi yang bisa hidup atau
hidup cukup mengesankan yang dapat dilihat oleh kemampuannya untuk melakukan
tugas seperti makhluk hidup. Animasi identik dengan seni karena menggunakan
gambar dan sketsa sebagai sarana untuk menyampaikan ide.
Pemahaman ahli mengenai animasi yang
disajikan oleh ahli dua dibidang animasi , yaitu Vaughan dan Budi Sutedjo
Dharmo Oetomo. Menurut Vaughan, animasi adalah suatu usaha membuat
presentasi statis menjadi hidup. Hal ini dilakukan dengan perubahan Visual
semua waktu memberikan kekuatan besar pada proyek-proyek multimedia dan halaman
Web yang dibuat. Saat ini memiliki banyak aplikasi multimedia yang memungkinkan
Anda untuk dengan mudah membuat animasi. Sedangkan menurut Budi Sutedjo
Dharmo Oetomo, animasi adalah gambar yang bergerak dengan kecepatan, arah
dan dengan cara tertentu. KBBI (Kamus besar bahasa Indonesia), animasi
adalah serangkaian lukisan atau gambar mekanik-elektronik led menampilkan pada
layar seolah-olah bergerak atau dipindahkan. Kesan gerakan yang timbul dari
kecanggihan teknologi yang digunakan ketika menghasilkan efek sedemikian rupa.
Animasi telah selalu lekat dengan
teknologi informasi. Menurut Zemmbry dan Suriman Bunadi animasi didalam
komputer dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu, computer assisted animation
dan computer generated animation. Computer assisted animation adalah sistem proses
animasi dua dimensi (2D) menggunakan mengomputerisasi menggambar tangan.
Komputer yang digunakan untuk kamera virtual aplikasi, cat dan pengaturan data.
Sementara computer generated animation adalah animasi tiga dimensi (3D)
aplikasi pembuatannya sendiri mengunaka 3D Studio Max, Autocad, Maya, 3D
Blender dan lain-lain. teknologi 3D ini jelas lebih canggih dalam menampilkan
efek gambar dan gerak yang lebih bagus daripada 2D.
Sejarah
Singkat Animasi
Animasi telah ditemukan sejak 2000
SM Di Mesir Kuno, Penelitian membuktikan Orang Mesir kuno sudah tahu cara
menghidupkan gambar mereka dengan urutan gambar-gambar para pegulat yang sedang
bergumul sebagai dekorasi dinding, inilah yang menjadi cikal-bakal animasi
modern. Gua Lascaux di Sepanyol Utara yang berusia 200,000 tahun lebih
memaparkan pergerakan binatang seperti khinzir atau kuda digambarkan dengan
lapan kaki dalam posisi yang berbeza dan bertindih-tindih. Orang-orang pada
zaman itu menganimasikan pergerakan gambar binatang pada dinding dinding gua
tersebut. Orang Mesir Kuno mengukir gambar-gambar pada dinding Piramid sebagai
satu hiasan dinding. Lukisan Jepun Kuno pula memperlihatkan suatu jalan cerita
yang kelihatan hidup dengan melukiskannya di atas satu gulungan kertas yang
panjang. Seorang seniman dunia yang terkenal iaitu Leonardo da Vinci telah
menghasilkan sebuah karya ilustrasi anggota tubuh manusia dalam pelbagai posisi
bertajuk “Vitruvian Man”. Gioto, iaitu seorang seniman Itali juga melukis
malaikat atau angle dalam posisi sedang terbang dengan pengulangan pergerakan
yang berlainan. Dalam sejarah, sebuah prinsip asas ditemui daripada karektor
mata manusia iaitu persistence of vision (teori pengekalan pandangan). Paul
Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes berjaya membuktikan bahawa mata
manusia cenderung untuk merakam urutan gambar-gambar pada jarak masa tertentu
sebagai suatu pola pengekalan dengan melalui peralatan optik yang mereka cipta.
Dapat disimpulkan
bahwa Animasi terdapat dua hal penting yang harus diperhatikan dalam
pembuatan animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur gerak. Animasi juga merupakan
suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton
merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara
umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata
penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi
sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna pun
dapat dikatakan sebuah animasi. Sesuai dengan pengertian animasi menurut para
ahli di atas, ada banyak fungsi yang bisa didapatkan dengan teknologi animasi
ini. Fungsi-fungsi tersebut adalah sebagai berikut :
- Pembuat sekuel film.
- Pembuat iklan .
- Pengisi spesial efek khusus dalam membuat musik video atau film.
- Pembuatan presentasi multimedia.
- Pembuatan desain web.
Selain di atas bekerja lebih banyak
fungsi animasi teknologi, khususnya animasi komputer dan peralatan canggih
lainnya. Demikianlah uraian mengenai Pengertian dan Sejarah Singkat tentang
Animasi, semoga akan memudahkan sobat dalam memahami Animasi dan semoga
bermanfaat, untuk anda lebih mengetahui lagi tentang komunikasi multimedia, kalian bisa kunjungi disini, Pengertian Komunikasi Multimedia Terimakasih.
Kunjungi juga Tentang multimedia lainnya:
langkah-langkah modelling sofa dengan blender 3D
MEMBUAT SOFA MENGGUNAKAN BLENDER
Pengertian Komunikasi Multimedia
Pengertian Dan Sejarah Animasi
Apakah Pengertian Dari Adobe Illustrator (AI)
Pengertian Blender Secara Umum
Mengenal Adobe Flash Professional CS6
Kegunaan / Fungsi Dari Aplikasi / Software Adobe Illustrator
Fungsi Numpad Blender 3D
Belajar membuat meja dengan blender
CARA MENGGUNAKAN BLENDER
No comments:
Post a Comment